2captcha

2captcha

Sabtu, 18 Juni 2016

Kasus Plagiat Lagu "Stairway to Heaven"

Share it Please

Sidang pengadilan atas tuduhan penjiplakan lagu "Stairway to Heaven" milik Led Zeppelin terhadap lagu instrumental "Taurus" milik Spirit telah dimulai di Los Angeles pada awal pekan ini. Pihak Led Zeppelin diwakili oleh vokalis Robert Plant, gitaris Jimmy Page dan pengacara Peter Anderson, sementara pihak Spirit diwakili oleh Michael Skidmore, wali dari mendiang Randy Craig Wolfe—sang penggubah "Taurus"—bersama dengan pengacara Francis Malofiy.

Di dalam sidang tersebut, Malofiy menuntut agar ahli waris dari Wolfe turut mendapatkan royalti dari lagu "Stairway to Heaven" yang tidak mencantumkan kredit atas "Taurus". Ia juga mengatakan bahwa "Taurus" merupakan lagu yang ditulis Wolfe untuk istrinya, Robin. 

Malofiy memulai tuntutannya dengan memutar sebuah video yang menampilkan awalan lagu "Stairway to Heaven", kemudian dilanjut dengan video yang menampilkan awalan lagu "Taurus". Setelah memutar kedua video satu per satu, Malofiy memutar keduanya secara bersamaan untuk memperlihatkan adanya kemiripan. Namun, Anderson menyangkal bahwa bukti yang dibawa oleh Malofiy tidak tercatat di dalam daftar bukti kasus.
"Jika bukti tersebut belum terdaftar, maka hal itu merupakan sebuah dasar dari pengadilan yang salah," ungkap hakim ketua Gary Klausner. 
Melalui pembelaannya, Anderson menyampaikan bahwa pemilik hak atas "Taurus" bukanlah ahli waris Wolfe, melainkan Hollenbeck Music milik produser Lou Adler. Anderson juga menyampaikan kepada kedelapan anggota juri bahwa skala kromatis yang hadir baik pada awalan "Stairway to Heaven" maupun "Taurus" telah menjadi komposisi yang umum sejak tahun 1600-an. Menurut Anderson, lagu "Michelle" milik The Beatles turut menampilkan komposisi serupa dan Spirit tidak memberikan kredit atas lagu tersebut, dilansir Rolling Stone

Adik dari Wolfe yang turut hadir di dalam sidang, Janet, mengaku bahwa sang kakak pernah membicarakan "Stairway to Heaven," dilansir Telegraph. "Hal tersebut mengecewakannya [Wolfe] selama bertahun-bertahun," lanjut sang adik. 

Pelaksanaan sidang hari kedua berlanjut pada Rabu (15/6) lalu di mana Page memberikan kesaksiannya selama dua jam. Melalui kesaksiannya, Page menyampaikan bahwa ia belum pernah mendengar "Taurus" hingga 2014. 

Page tidak pernah mendengar "Taurus" hingga "sesuatu muncul di internet, ada desas-desus perbandingan [antara "Taurus" dan "Stairway"] beberapa tahun lalu. Menantu saya yang memberitahu; saya tidak menggunakan internet, jadi ia memainkannya ["Taurus"] untuk saya. Ketika saya mendengar bagian orkestra muncul di awal, saya yakin bahwa saya belum pernah mendengar lagu itu sebelumnya. Ketika lagu itu mulai, saya bingung dengan perbandingan yang dibicarakan. Saya pikir, apa kaitannya lagu ini dengan "Stairway"?" dilansir Rolling Stone

Album kedua dan ketiga Spirit—The Family That Plays Together dan Clear yang sama-sama rilis pada 1969—memang dimiliki Page, ia mengaku ingat pernah membeli dua album tersebut. "Sejujurnya, mungkin saya pernah membeli atau mendapatkannya," ungkap Page. Namun, ia mengaku tidak pernah mendengar "Taurus". 

Page cukup kaget ketika mengetahui bahwa lagu "Fresh-Garbage" milik Spirit termasuk di dalam album debutnya. Lagu tersebut sempat dimainkan sebagai medley dari lagu "As Long As I Have You" milik Led Zeppelin pada masa awal karier band. 

Page mengaku bahwa ia tidak ingat pernah memuji Spirit di dalam wawancara yang pernah dilakukannya. Bersama dengan pernyataan tersebut, Malofiy menyerang Page dengan mengajukan sebuah rekaman yang ia akui sebagai jawaban yang diberikan sang gitaris di dalam sebuah wawancara di mana terdengar ia mengatakan "Spirit adalah sebuah band yang sangat saya suka."
"Saya tidak bisa ingat, itu sudah lama sekali—bisa juga dimanipulasi. Dulu, mereka masih mencatatnya [hasil wawancara] di dalam buku," lanjut Page. Menanggapi Mailofy yang terus memberikan pertanyaan-pertanyaan terhadap Page untuk membuktikan bahwa sang gitaris merupakan penggemar Spirit, Klausner sampai bertanya kepada Mailofy hingga kapan ia akan membuang-buang waktu, dilansir Billboard

Sidang kedua kasus dugaan plagiarisme yang dilakukan Led Zeppelin selesai pada pukul empat sore waktu setempat dan akan berlanjut dengan sidang ketiga di mana Plant akan memberikan kesaksiannya.
Sumber : rollingstone.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow Me

Follow The Author